Thursday, November 15, 2007

Danger of plastic surgery


Bagi yang mengikuti berita gossip atau sempet mendenger berita baru2 ini kalo ibu bintang penyanyi hip hop Kanye West meninggal setelah menjalani operasi plastik (mengecilkan payudara). Berita ini santer karena korban meninggal adalah celebrity dan juga orang terkenal sebagai professor dan berhasil dalam mendidik anaknya menjadi orang terkenal.

Dari show Larry King Live dimana Larry interview beberapa dokter bedah plastik yang intinya jika berencana melakukan bedah plastik, apapun jenisnya, memperbesar atau mengecilkan payudara, termasuk operasi lipatan mata, banyak hal2 yang perlu diperhatikan dengan baik dan bener seperti mengecek daftar kandidat dokter dan medical history termasuk kasus2 tuntutan terhadap dokter yang bersangkutan. Usia dan medical history dari pasien juga sangat menentukan. Salah satu dokter, Dr. Linda Li selalu menekankan jika pasiennya berusia 21 tahun umumnya tidak ada masalah. Tetapi berapa banyak orang2 yang berusia 21 tahun terpikir untuk menjalani operasi plastik atau operasi kosmetik istilah populernya jika bukan berasal dari keluarga berada yang punya kelebihan duit atau bintang film? Kebanyakan orang2 mulai menjalani operasi kosmetik untuk tampil lebih cantik dan muda adalah orang2 yang sudah berhasil dalam karir dan mungkin karena tuntutan karir mereka perlu melakukan operasi kosmetik.

Cerita tentang operasi kosmetik aku teringat kembali ketika kecil dulu waktu aku komplain tentang mataku yang sipit, nyokap sering membesarkan hati dengan mengatakan jika besar nanti aku bisa pergi operasi lipatan mata dan dengan kondisi model mataku hasilnya bakal bagus. Tetapi setelah aku beranjak dewasa tidak ada pemikiran untuk merubah mataku yang sipit supaya ada lipatan dan memperbesar mata. Bahkan aku mulai berpikir kalo aku punya privilege yang tidak dimiliki oleh non mata sipit, aku memiliki option untuk memilih bermata sipit atau bermata lipatan. Orang2 yang non mata sipit tidak memiliki option itu, tidak ada operasi atau prosedur yang bisa membuat lipatan mata menjadi sipit dengan sempurna. Ingat beberapa waktu yang lalu sangat populer model make up yang membuat mata keliatan tidak mempunyai lipatan?? Jadi walaupun operasi lipatan mata merupakan operasi yang sangat umum dilakukan, aku tidak pernah berkeinginan untuk merubah apa yang menjadi ciri khas diriku dan menjadikan diriku exotic. Lagian nyokap waktu mudanya dulu juga mata sipit terus berubah secara alami dan bokap juga mata sipit, jadi walaupun aku rubah penampilan tetap saja gen dalam darahku itu membawa kromosom mata sipit jadi buat apa buang duit untuk sesuatu yang nantinya juga bakal keluar di anak cucu??

No comments: